Fungsi NTP (Network Time Protocol) Client

Dalam kondisi tertentu Router Mikrotik bekerja berdasarkan waktu, baik tanggal, hari maupun jam. Misalnya jika Anda ingin memblokir akses Internet di luar jam kerja ataupun memblokir beberapa situs pada jam-jam tertentu. Untuk Router Mikrotik yang diinstall di personal komputer (PC) ini tidak menjadi masalah, karena di motherboard komputer terdapat baterai yang dapat mempertahankan konfigurasi waktu. Namun untuk Router MikroTik yang tidak memlilki baterai rnaka konfigurasi waktu akan kacau setiap kali router mengalami restart. 

Pada umumnya RouterBoard tidak memiliki baterai dan akan memulai perhitungan jamnya pada pukul 00:00:00 setiap sekali restart.

Untuk menghindari ketidak akakuratan korifigurasi waktu, maka pada Router MikroTik perlu dikonfigurasikan Network Time Protocol (NTP). NTP adalah protokol yang digunakan untuk sinkronisasi waktu (hari tanggal, bulan, tahun dan jam) antara perangkat-perangkat jaringan.

Router MikroTik perlu mengetahui NTP Server yang ada di Internet dan akan berusaha menyesuaikan dengan konfigurasi waktu yang ada di NTP Server tersebut. Untuk sinkronisasi konfigurasi waktu pada Router MikroTik Anda dapat menggunakan NTP Server untuk Indonesia dengan IP Address 203.89.31.12, 119.82.243.189' IP Address dan NTP Server Indonesia selengkapnya dapat Anda lihat pada http://www.pool.ntp.org/zone/id

Untuk menggunakan waktu yang ada pada NTP Server, maka Router MikroTik Anda harus dikonfigurasikan menjadi NTP Client. Anda dapat menggunakan perintah sebagai berikut :

[agungjayakomputer@MikroTik] > system clock set time-zone-name=Asia/Jakarta

Selanjutnya, anda dapat memeriksa hasil konfigurasi NTP Client tadi, apakah telah sinkron dengan waktu yang sebenarnya. Perintah yang dapat di gunakan adalah sebagai berikut :
[agungjayakomputer@MikroTik] > system clock print

Bila menggunakan Winbox, Maka NTP Client dapat dikonfigurasikan melalui menu System--> NTP Client, seperti pada gambar berikut :
Tutorial cara Konfigurasi NTP Client
Gambar 3.12. Konfigurasi NTP Client
konfigurasi time zone dan waktu mikrotik
Gambar 3.13 Konfigurasi Time Zone 

Diskusi