Komponen Dasar Belajar Mikrotik

Leave a comment

Komponen Dasar Belajar Mikrotik – Sebagai bekal untuk belajar mikrotik ada beberapa sub yang perlu anda pelajari dahulu yang nantinya akan sangat bermanfaat karena akan mempermudah dalam pemahaman anda ketika belajar mikrotik, sedikit banyak jika kita sudah memutuskan untuk belajar mikrotik maka kita perlu tau apa itu Jaringan komputer dan apa hubungannya dengan mikrotik yang akan di pelajari.

pada tahun 1940-an di Amerika Serikat pada sebuah penelitian yang ingin memanfaatkan sebuah perangkat komputer secara bersama di tahun 1950-an ketika jenis komputer mulai membesar sampai saat terciptanya superkomputer, karena mahalnya harga perangkat komputer maka ada tuntunan sebuah komputer mesti melayani beberapa terminal, dari sinilah maka muncul konsep distribusi proses berdasarkan waktu yang dikenal dengan nama TSS (Time Sharing System), bentuk pertama kali jaringan (jaringan) komputer diaplikasikan, pada sistem TSS beberapa terminal terhubung secara seri ke sebuah host komputer

Pengertian dan Manfaat Jaringan Komputer

Jaringan komputer merupakan sebuah sistem yang terdiri dari dua atau lebih komputer yang saling terhubung melalui media transmisi atau media komunikasi kabel maupun wireless sehingga dapat saling berbagi data, aplikasi maupun berbagi perangkat keras komputer.

Klasifikasi Jaringan Komputer

  1. Berdasarkan Letak Geografis : Jaringan komputer terbagai menjadi 3 bagian yaitu jaringan lokal atau sering di sebut dengan Lokal Area Network (LAN), Metropolitan Area Network (MAN) dan Wide Area Network (WAN). Jaringan LAN merupakan layaknya jaringan lokal atau pribadi dalam rumah anda, kantor, sekolah dan lainnya jaringan ini sering di manfaatkan untuk menghubungkan beberapa komputer pribadi dalam sebuah kantor untuk membuat satu network seperti sehingga dapat di gunakan untuk bertukar sumber daya seperti mesin printer, sedangkan Jaringan MAN  adalah gabungan dari jaringan LAN sehingga cakupannya bisa lebih luas layaknya antar kabupaten ataupun kota dan  Jaringan WAN adalah jaringan  yang cakupannya sangat luas karena ini bisa mencakup antar negara bahkan benua.
  2. Berdasarkan Fungi : Jaringan terbagi menjadi 2 yaitu Jaringan Client Server dan Jaringan peer to peer ;
    1.  Client Server  adalah adanya sebuah komputer yang di jadikan server untuk melayani request dari komputer-komputer lainnya, jika saya ilustrasikan adalah layaknya resepsionis di hotel yang dengan senang hati  akan melayani tamu-tamunya yang datang.
    2. Peer to peer adalah setiap komputer berperan sama untuk berbagai sumberdaya artinya siap melayani permintaan dari komputer lainnya karena mereka berperan sama.
  3. Berdasarkan Topologi : Jaringan di bedakan menjadi beberapa
    1. Topologi Bus : antara client dan server akan di hubungkan dengan media transmisi kabel tunggal atau BNC dengan penggunaan terminator 50 ohm pada setiap ujung network
    2. Topologi Bintang : Bentuk topoogi yang masih sering di gunakan hingga sekarang topologi ini berbentuk konvergensi dari node yang berada di tengah ke setiap pengguna sehingga masing-masing komputer di hubungkan langsung ke pusat melalui sebuah hub/switch.
    3. Topologi Cincin :adalah dimana konsep topologi ini masing-masing rangkaian titik terhubung dengan kedua titik lainnya sehingga membentuk lingkaran layaknya cincin.
    4. Topologi Mesh : topologi ini sering disebut juga sebagai  Dedicated Link karena setiap perangkat akan langsung terhubung dengan perangkat lainnya dalam jaringan tersebut sehingga mereka dapat melakukan komunikasi langsung pada host yang dituju.
    5. Topologi Pohon : topologi ini merupakan penggabungan dari topologi bus dan topologi star, konsep topologi ini adalah beberapa topologi star akan di gabungkan menjadi satu melalui topologi bus.
  4. Berdasarkan Distribusi Sumber Informasi/Data : Dibagi menjadi 2 bagian yaitu Jaringan Terpusat dan Jaringan Terdistribusi, Jaringan Terpusat sama halnya seperti client server jadi ada sebuah komputer yang mewakili sebagai perantara untuk mengakses informasi yang ada pada server, sedangkan Jaringan Terdistribusi adalah perpaduan beberapa jaringan terpusat yang membentu komputer server yang terhubung dengan client sehingga membentuk sistem jaringan tertentu.
  5. Berdasarkan Media Transmisi : Dibedakan menjadi 2 yaitu;
    1.  Jaringan Kabel (Wired Network) pada jaringan ini untuk menghubungkan satu komputer dengan komputer lainnya mengguanakan media kabel utp dengan ujung kabel menggunakan konektor RJ 45.
    2. Jaringan Nirkabel (Wireless Network) pada jaringan ini di perlukan sebuah access point yang berfungsi untuk memancarkan signal dan nantinya signal yang di pancarkan akan di terima oleh leptop, komputer dan perangkat lainnya sehingga mereka dapat berkomunikasi untuk berbagi sumberdaya yang tersedi tanpa media penghubung secara fisik.

Pengertian dan Fungsi Router

Router adalah sebuah mekanisme layer network, dapat berupa perangkat keras ataupun software yang menggunakan 1 atau beberapa metrik sehingga dia bisa menentukan jalur terbaik untuk digunakan transmisi lalu lintas network, begitulah pandainya alat ini sehingga dia tidak diragukan lagi jika di gunakan untuk memanajemen jaringan.

Fungsi Router

  • Menghubungan beberapa jaringan
  • Melakukan management trafic  jaringan
  • Memutuskan algoritma untuk menentukan jalur terbaik
  • Mewakili jaringan di bawahnya agar dapat terkoneksi ke internet
  • Melakukan management firewall dalam jaringan, dll

Pengertian Sistem Operasi

Sistem Operasi merupakan pengelolaan seluruh sumber daya yang ada pada sistem komputer dan menyediakan layanan ke pengguna sehingga memudahkan penggunaan dan juga pemanfaatan sistem komputer. Dalam sebuah jaringan komputer sistem oparasi ini memiliki peran penting karena di perlukan untuk mengorganisasi seluruh sumberdaya  yang terdapat dalam jaringan

Macam-macam SIstem Operasi Jaringan

  • Microsoft Windows (win server 2003, win server 2008, winserver 2012)
  • Linux (pfsense, redhat, debian, suse)
  • Unix
  • Free BSD
  • San Solaris, dll

Pengertian IP Address

IP Address (Internet Prorocol Address) merupakan sebuah metode pengalamatan pada jaringan komputer yang memberikan sederetan angka pada komputer (host), router, ataupun yang lainnya. Perlu anda ketahui bahwa sebenarnya IP Address itu tidak di berikan langsung pada komputer namun di berikan pada interface jaringan dari host/router tersebut.

Sehingga ketika sebuah komputer memiliki 2 interface maka komputer tersebut bisa menggunakan 2 IP Address sebagai alamatnya, pengalamatan IP Address hanya mengenal fungsi bilangan 1 dan 0 saja.

Setiap host atau komputer atau alat apapun yang terkoneksi dengan jaringan maka dia harus memiliki IP Address dan sifatnya adalah unik, artinya adalah tidak boleh ada IP Address yang sama dalam 1 broadcast domain karena nomer ip tersebut adalah layaknya nomer HP yang di gunakan untuk komunikasi.

3 Comments
  1. Lulu Mutmainah January 16, 2018 at 2:08 pm - Reply

    […] dari routerboard yang paling diminati dan biasa di gunakan di kalangan menengah – kebawah adalah Mikrotik Rb750 mengapa demikian? Ya jawabannya adalah seperti yang saya utarakan di atas dimana router ini bisa […]

  2. Erdiansyah May 12, 2017 at 12:50 pm - Reply

    Gmana dengan level lisensinya apakah hilang gan setelah melakukan netinstall ini ?

Leave a Comment

Your email address will not be published.